Sambut Tahun Ajaran Baru, Perhatikan 8 Tips Persiapan Seragam Sekolah Ini

Sambut Tahun Ajaran Baru, Perhatikan 8 Tips Persiapan Seragam Sekolah Ini

Bagi seorang Ibu tahun ajaran baru merupakan kegiatan musiman yang cukup memerlukan perhatian khusus. Sebelum si kecil kembali memasuki bangku sekolah, berbagai hal perlu dipersiapkan, mulai dari perlengkapan alat tulis menulis, buku, tas, sepatu dan tentunya seragam sekolah.

Seragam sekolah mungkin menjadi salah satu persiapan yang cukup menyita waktu. Anda tidak hanya harus membeli berbagai macam perlengkapan dengan logo sekolah, namun juga harus membeli semuanya lebih awal sebelum ketersediaan di toko-toko habis terjual.

Untuk membuat persiapan tahun ajaran baru menjadi lebih mudah, berikut adalah 9 tips andalan yang dapat kami rekomendasikan :

1. Beli Seragam Langsung dari Sekolah

Beberapa sekolah mewajibkan siswa-siswinya untuk membeli seragam sekolah dari sekolah secara langsung karena telah dibubuhi dengan logo sekolah. Meskipun cukup kontroversial karena biasanya harga yang ditawarkan relatif lebih mahal, namun hal ini sebenarnya cukup mempermudah dan mempersingkat waktu pencarian seragam sekolah. Tipsnya, cukup beli pakaian dan perlengkapan berlogo sekolah yang diwajibkan saja, sisanya bisa Anda beli di toko-toko lainnya dengan harga yang lebih terjangkau.

 

2. Kualitas Pakaian Tetap yang Paling Utama

Jangan tergiur dengan harga murah lalu melupakan kualitas seragam. Ingat, seragam sekolah akan digunakan selama kurang lebih 190 hari dalam setahun dan akan dicuci berulang kali. Anda bisa menemukan beragam penawaran di toko-toko retail dengan tetap memperhatikan kualitas dan keterjangkauan harga.

 

3. Waktu Terbaik Membeli Seragam & Sepatu

Jangan menunggu terlalu lama, beli seragam dan sepatu sesegera mungkin. Semakin lama Anda menunggu, persediaan seragam dan model sepatu akan semakin menipis, belum lagi antrian panjang yang harus Anda lewati jika membeli ketika waktu masuk sekolah sudah dekat.

 

4. Beli Ukuran Seragam yang Pas

Jika anak Anda memiliki berat di atas rata-rata, sebaiknya Anda memberikannya celana dengan pinggang yang mudah diatur yang biasanya terbuat dari karet. Jika tidak, Anda akan selalu memiliki masalah antara panjang dan lebar celana/roknya. Untuk atasan, alangkah baiknya Anda mempersiapkan pakaian dengan ukuran 1 kali lebih besar untuk mengantisipasi pertumbuhan badan sang anak.

 

5. Cuci dan Setrika

Tidak adalah salahnya untuk menginvestasikan sedikit waktu dan biaya untuk membeli beberapa penghilang noda untuk merendam kemeja dan celana sekolah sebelum akhirnya dicuci. Jika seragam anak Anda tidak berwarna putih, Anda bisa mencoba in-wash whitener untuk mempertahankan warna asli seragam.

 

6. Perlengkapan Olahraga

Perlengkapan olahraga merupakan hal wajib yang tak boleh terlupakan. Untuk keamanan dan kenyamanan sang buah hati, Anda bisa membelikannya sepatu berbahan dasar karet yang nyaman untuk digunakan beraktivitas lebih saat berolahraga.  Sepatu dengan strap juga direkomendasikan karena sifatnya yang adjustable.

 

7. Jaket untuk Musim Hujan

Saat musim hujan tiba, jaket merupakan pakaian tambahan yang wajib dikenakan saat bepergian ke luar rumah, termasuk ke sekolah. Belilah 1 atau 2 jaket untuk persiapan musim hujan nanti.

 

8. Jangan Lupakan Kaos Kaki

Rencana terbaik bisa digagalkan karena tidak adanya sepasang kaus kaki yang serasi. Jika sekolah mensyaratkan warna kaus kaki tertentu, maka belilah semua (atau sebagian besar) kaus kaki anak Anda dengan warna tersebut dan dengan gaya yang sama. Dengan begitu Anda akan selalu bisa mencocokkan kaus kaki yang satu dengan yang lainnya.

Cobalah untuk membeli kaus kaki untuk anggota keluarga lainnya (anak-anak lain) dengan warna yang berbeda sehingga Anda tidak perlu khawatir mencocokkan ukuran yang benar, misal semua kaus kaki abu-abu di rumah Anda adalah kaus kaki anak laki-laki Anda, dan sebagainya.